BRGM Bakal Reboisasi 6. 000 Hektare Hutan Bakau pada Kalbar

    BRGM Bakal Reboisasi 6. 000 Hektare Hutan Bakau pada Kalbar

    Bonus harian di Keluaran SDY 2020 – 2021.

    Enam ribuan hektare alas mangrove Kalbar ini sungguh dalam kondisi rusak.

    REPUBLIKA. CO. ID, PONTIANAK — Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) akan mereboisasi 6. 000 hektare hutan bakau dalam lima wilayah kabupaten pada Provinsi Kalimantan Barat. Kepala BRGM Hartono mengatakan penghutanan akan dilakukan pada hutan bakau di kawasan pesisir Kabupaten Kubu Raya, Sambas, Mempawah, Kayong Utara, serta Ketapang.

    “Enam ribuan hektare hutan mangrove Kalbar ini memang pada kondisi rusak dan perlu segera dilakukan reboisasi untuk mencegah terjadinya erosi miring, ” katanya usai meninjau Mempawah Mangrove Park dalam Mempawah, Kamis (29/4).

    Dia mengutarakan, pemerintah berencana mereboisasi 3, 31 juta hektare hutan mangrove di seluruh Nusantara, termasuk sekitar enam seperseribu hektare hutan bakau dalam Kalimantan Barat.

    “Rehab hutan mangrove sudah dimulai sekarang, ” katanya.

    Menurut data tahun 2007-2010, luas hutan bakau Kalimantan Barat sekitar 177. 023 hektare. Namun, Hartono mengutarakan, tidak semua hutan bakau yang telah diidentifikasi sanggup segera direhabilitasi, antara asing karena sebagian berada dalam area yang tidak mempunyai penghalang ombak.

    “Kami sekaligus akan melakukan evaluasi kembali pada lahan hutan mangrove dengan sudah diidentifikasi. Apakah masa ini perlu langsung direhab atau diundur dua tahun setelah bangunan pemecah aliran dibuat, ” katanya.

    Ia memasukkan di Kalimantan Barat tersedia 31 titik hutan bakau dengan luas berkisar 15 sampai 20 hektare dengan menurut hasil identifikasi mampu langsung ditanami bibit pokok kayu bakau.

    sumber: Antara