Karakter Penting Masjid Saat Pandemi

    Karakter Penting Masjid Saat Pandemi

    Karakter Penting Masjid Saat Pandemi

    REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Ustaz Abul A’la Al Maududi, mengatakan, masjid memiliki peran istimewa di masa pandemi Covid-19. Langgar dapat menjadi fasilitator untuk mengedukasi masyarakat.

    “Masjid memiliki peran yang sangat penting, dalam kondisi sekarang langgar masih bisa berbagi. Masjid serupa dapat menjadi fasilitator edukasi, ” kata Ustaz lulusan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini, dalam kajian yang disampaikan secara daring di dalam Sabtu (26/9).

    Namun ia menyayangkan masih ada jamaah masjid yang tidak memakai kedok. Bahkan ada Ustaz dengan pengetahun minim, menyatakan bahwa covid-19 hanya sesuatu yang mengada-ada.

    “Penyakit ini ada dan menjemput. Bukan hanya terjadi di utama tempat tapi seluruh dunia, ” ucapnya.

    Ia tahu, jumlah kasus Covid-19 di Nusantara mencapai lebih dari 200 seperseribu kasus dengan kasus kematian bertambah dari 10. 000. Ia pun meminta agar umat lebih perdata.

    “Satu nyawa luar biasa di sisi Allah, kita yang masih diberikan nafas, maka ini kita jaga. Allah sudah katakan musibah, pada tulisan At Taubah ayat 51. Maka sempurnakanlah ikhtiar kita, ” cakap Abul.

    Dia pula menekankan agar masyarakat mematuhi patokan 3M, yakni menggunakan masker zaman keluar rumah, mencuci tangan mematuhi sabun, dan menjaga jarak minimal satu meter. Kemudian juga menghimbau agar masyarakat memakai masker dengan benar, yaitu menutup hingga indra, dan jangan meletakkan masker di dagu.

    “Cuci lengah yang benar, menjaga jarak, serta sabar, karena Allah memberikan tersedia kesulitan ada kemudahan. Memang setia itu susah, apalagi ekstra sabar. Penting untuk ingatkan sesama, mengantarkan edukasi. Jangan nekat dan yakin sehingga kita akan hidup lazim, ” ucap Abul.