Okupansi Tempat Isolasi OTG Capai 90 Persen

    Okupansi Tempat Isolasi OTG Capai 90 Persen

    Okupansi Tempat Isolasi OTG Capai 90 Persen

    Selain sendi sakit Pemkab Tangerang juga merancang hotel bagi OTG

    REPUBLIKA. CO. ID, TANGERANG–Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan tubuh pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Achmad Muchlis mengatakan, tingkat okupansi tempat tidur bagi pasien Covid-19 kategori orang tanpa gejala (OTG) di tempat isolasi Hotel Yasmin mencapai 90 persen. “Okupansinya kira-kira 90 persen, dari 120 daerah itu, ” tutur Muchlis era dihubungi, Senin (12/10).  

    Pergerakan pasien OTG yang isolasi di Hotel Yasmin, kata Muchlis, terbilang masih tinggi, namun cenderung melandai dibandingkan sekitar sebulan yang lalu. “Awal-awal okupansinya 100 obat jerih, sekarang sudah turun ke 90 persen, tapi kita tetap persiapkan kamar, ” terangnya.  

    Menurut catatannya, Hotel Yasmin yang telah dimanfaatkan sebagai tempat isolasi OTG berangkat 17 September 2020, sampai 12 Oktober 2020 mencatatkan ada 450 pasien yang dirawat di wadah itu. “25 hari operasional ada sekitar 450-an yang positif telah dirawat di situ. Yang mengakar dan pulang ya, ” sirih dia.  

    Muchlis menjelaskan, seiring dengan tingkat hunian tempat tidur pasien OTG yang makin penuh, pihaknya menyiapkan tambahan tempat tidur. “Sampai saat ini tower depan masih memungkinkan untuk ditempatkan, jadi belakang kalau penuh bisa (digunakan), sudah ready, ” kata dia. Adapun jumlah kamar tambahan yang sudah disiapkan itu sebanyak 120 dunia.  

    Muchlis melanjutkan, pihaknya menyiapkan kamar tambahan di Hotel Yasmin berbarengan dengan pemeriksaan swab test atau tes usap yang masih kekar nantinya. “Kalau memang ke ajaran pemeriksaan PCR nya ditambah kapasitasnya dua kali lipat, jadi kita sudah sediakan tempat untuk isolasi, ” katanya.  

    Dia menambahkan, pihaknya tidak menambah tempat isolasi di tempat lain karena di Hotel Yasmin terbilang masih cukup untuk dimasuki pasien-pasien Covid kategori OTG. “Di Hotel Yasmin moga-moga cukup, ” jelasnya.  

    Diketahui, selain menyediakan tempat isolasi OTG di Hotel Yasmin, Pemkab Tangerang juga mempunyai tiga rumah sakit rujukan untuk pasien bergejala, terdiri dari kepala RS rujukan nasional dan perut RS rujukan provinsi. Selain tersebut juga ada 23 RS yang lain yang memiliki ruang isolasi.  

    Muchlis menyebut saat ini tingkat okupansi ruang ICU di wilayah Kabupaten Tangerang mencapai 85 persen, sementara itu ruang isolasi secara umum bagi pasien bergejala di RS-RS rujukan itu sekitar 75 komisi.