Pemasaran Digital Kini Jadi Pilihan Sari Pelaku Bisnis

    Pemasaran Digital Kini Jadi Pilihan Sari Pelaku Bisnis

    Pemasaran Digital Kini Jadi Pilihan Sari Pelaku Bisnis

    Ada 4 tahap konsumen dalam berbelanja daring yang perlu diperhatikan pebisnis.

    REPUBLIKA. CO. ID,   SLEMAN — Pandemi Covid-19 sudah mengubah banyak sisi dalam tempat pemasaran. Pemasaran digital yang barangkali selama ini belum masih menjadi pilihan kedua pelaku usaha, berubah posisinya menjadi pilihan utama mendagangkan produk.

    Alya Mirza dari Divisi Pelatihan dan Pendidikan Konsultan Pemasaran MarkPlus Institute mengatakan, petunjuk menunjukkan pemanfaatan media digital zaman pandemi naik 60 persen. Selain itu, belanja daring turut menikmati peningkatan pesat.

    “Data ini semakin melegitimasi perlunya menggunakan media sosial. Cerai-berai, ada peningkatan lebih dari 100 persen untuk belanja daring di masa pandemi, ” kata Alya dalam lokakarya daring Ibisma Universitas Islam Indonesia (UII) Jumat (9/10).

    Sederhananya, terdapat empat tahap konsumen di dalam berbelanja daring yang perlu diperhatikan pelaku bisnis dari melihat, gandrung, transaksi dan peduli. Usai tahu dan tertarik, bila produknya pantas kriteria akan terjadi transaksi.

    Saat pembeli merasa puas atas produk ataupun pelayanan yang diberikan, sebagian karakter senang hati mengulas, memberi pengesahan yang bagus. Meski begitu, kadang mereka yang memberi testimoni bagus kalah banyak dengan mereka yang mengeluh.

    Namun, pelaku bisnis harus tetap memperhatikan empat tahap tersebut. Lalu, integrasi media sosial ke website, toko-toko marketplace dan Google Business menjadi kunci yang mendukung jalannya tahapan-tahapan tersebut.

    Selain itu, pelaku bisnis perlu memahami pemasaran konten dan optimalisasinya. Ia menekankan, tujuan pemasaran konten memperoleh potensi pelanggan, kemudian membuat produk-produk yang kita tawarkan jauh lebih menarik.

    “Bagaimana kita mampu menceritakan alasan kenapa mereka harus membeli produk kita. Intinya, kudu bisa menarik penonton yang positif sasaran, ” ujar Alya.