Satgas Covid: Menara 4 Wisma Olahragawan disiapkan untuk isolasi

    Satgas Covid: Menara 4 Wisma Olahragawan disiapkan untuk isolasi

    Satgas Covid: Menara 4 Wisma Olahragawan disiapkan untuk isolasi

    Satgas mengatakan Menara 4 Rumah Atlet disiapkan untuk isolasi penderita positif.

    REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, Menara 4 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, segera siap dipakai untuk isolasi penderita positif terinfeksi virus corona macam baru SARS-CoV-2.

    “Mulai tadi suangi tower 5 bisa beroperasi, tower 4 dalam proses, ” prawacana Doni dalam jumpa pers daringnya, Ahad (13/9).

    Doni mengatakan Wisma Atlet merupakan pondok yang semula dipakai bagi para-para peserta Asian Games 2018. Sesudah lama tidak digunakan beberapa menara harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum digunakan untuk isolasi penderita Covid-19. Doni yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengatakan ada tujuh menara Wisma Atlet.  

    Menara 1 maka 3 digunakan untuk kepentingan operasional seperti bagi dokter, perawat, tentara, logistik dan sebagainya. Sementara menara 6 dan 7, katanya, selama ini dipakai untuk penderita Covid-19 kategori ringan dan sedang. Lalu tower 5 siap digunakan dan tower 4 dalam proses pengerjaan.

    “Meski secara lengkap perlu perbaikan listrik, air & AC. Sudah ada kerja setara dengan Kementerian PUPR, Kementerian BUMN dan Kementerian Kesehatan, ” katanya merujuk adanya suplai bantuan agar Wisma Atlet seluruhnya dapat dipakai untuk penderita Covid-19.

    Sejatinya, Wisma Atlet memang sudah dipakai untuk penderita Covid-19. Hendak tetapi, seiring pertambahan penderita dengan tergolong tinggi di atas 3 ribu per hari memicu kekhawatiran terjadi kelebihan kapasitas di sendi sakit guna merawat pasien Covid-19.

    Pembukaan menara 4 dan 5 itu dimaksudkan untuk mengurangi beban rumah sakit yang banyak merawat penderita Covid-19. Rumah Atlet hanya digunakan bagi penanggung Covid-19 dengan tingkat keparahan mudah dan sedang.

    sumber: Antara